Laser hair removal adalah metode menghilangkan rambut menggunakan laser. Kebanyakan wanita ingin memiliki tubuh yang mulus tanpa rambut yang berlebihan. Oleh karena itu, banyak cara dilakukan wanita untuk menghilangkan rambut di tubuhnya. Energi cahaya dari laser akan diserap oleh warna gelap rambut dan berubah menjadi energi panas yang kemudian disalurkan ke akar rambut. Dengan begitu pertumbuhan rambut akan berhenti dan rambut pun rontok secara alami.

Ini adalah metode yang paling efektif bagi pria/wanita yang menginginkan penghilangan bulu untuk waktu yang lama. Metode ini bisa dilakukan untuk bagian tubuh manapun kecuali area kelopak mata dan sekitarnya, namun tidak efektif jika digunakan pada rambut yang berwarna terang atau pirang.

Laser hair removal tidak menjamin hasil yang permanen karena banyaknya faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut. Beberapa rambut dapat tahan terhadap perawatan laser dan tumbuh lagi setelah perawatan, meskipun biasanya pertumbuhan rambut baru ini akan lebih halus dan dengan warna yang lebih pudar.

Laser hair removal ini relatif aman. Namun, sama seperti perawatan medis lainnya, prosedur ini tetap saja memiliki efek samping atau resiko yang mungkin terjadi. Efek samping yang paling umum dari laser ini antara lain;

  • Iritasi kulit. Menghilangkan rambut dengan laser hair removal dapat menimbulkan iritasi kulit, kulit kemerahan, dan bengkak pada daerah yang dilakukan prosedur. Namun, efek ini bersifat sementara atau akan hilang dalam beberapa jam.
  • Perubahan pigman kulit. Setelah melakukan prosedur ini, kulit Anda mungkin akan mengalami perubahan warna menjadi sedikit lebih gelap atau lebih terang. Namun, seperti iritasi kulit, perubahan ini bersifat sementara dan biasanya bukan masalah.

Efek samping yang jarang terjadi setelah melakukan prosedur laser hair removal adalah munculnya lepuhan, bekas luka, atau perubahan tekstur kulit lainnya. Masalah lain yang jarang terjadi yang bisa terjadi meliputi rambut beruban atau tumbuh rambut yang berlebihan.

Laser hair removal tidak dianjurkan untuk kelopak mata atau daerah sekitarnya, karena kemungkinan terkena luka mata parah. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami gejala di luar iritasi ringan atau jika efek sampingnya memburuk.

Royal Diamond Clinic menyediakan perawatan mutakhir Laser hair removal, menggunakan Nd:Yag laser yang dijamin aman dan efektif untuk mengurangi pertumbuhan rambut dengan teknologi photothermolysis yang selektif terhadap folikel rambut, tidak mengenai area sekitar rambut sehingga menimbulkan nyeri yang sangat minimal.
Keberhasilan perawatan ini tergantung tipe kulit dan rambut pasien, setelah perawatan jumlah rambut akan berkurang secara signifikan dan tumbuhnya rambut akan lebih halus dan warnanya lebih pudar dibandingkan sebelumnya. Untuk hasil yang maksimal diperlukan minimal 3 - 5 sesi, dengan jeda kurang lebih 4 - 6 minggu. Anda mungkin harus melakukan metode ini lagi setiap 6 - 12 bulan untuk perawatan (maintenance). Tunggu apa lagi, segera kunjungi klinik kami!