Acne vulgaris adalah penyakit kulit kronis yang melibatkan tersumbatnya dan atau peradangan unit pilosebacea (folikel rambut dan kelenjar sebasea yang menyertainya). Acne bisa muncul dalam bentuk tanpa peradangan (tipe comedones), dengan peradangan (papul, pustul, nodul, kistik) dan campuran, paling sering terjadi di area wajah, tetapi bisa juga di punggung dan dada.

Acne vulgaris biasa terjadi pada usia dewasa muda. Penanganan acne bergantung pada tingkat keparahan, dapat obat topikal dan sistemik yang bertujuan mengurangi produksi sebum, pembentukan komedo, peradangan, mengurangi jumlah bakteri dan menormalkan produksi keratin.

Acne vulgaris terjadi melalui 4 faktor utama, yaitu, produksi sebum yang berlebihan, tersumbatnya folikel oleh sebum dan sel keratin, kolonisasi bakteri (P. Acne), reaksi peradangan.

Komedo adalah tipe Acne tanpa peradangan, terjadi karena sumbatan sebasea pada folikel, ada komedo terbuka dan tertutup tergantung kondisi folikel di permukaan kulit. Komedo tertutup adalah awal dari acne yang meradang. Acne dengan peradangan terjadi ketika komedo tertutup terkolonisasi oleh bakteri. Folikel yang meradang kemudian pecah dan menyebabkan reaksi peradangan lokal, apabila terus berlanjut maka akan terbentuk nanah.

Pencetus acne umumnya adalah pubertas, perubahan hormon, penggunaan kosmetik tertentu, kelembapan udara yang tinggi dan berkeringat. Obat - obatan seperti kortikosteroid, lithium, phenytoin, isoniazid dapat memperburuk kondisi acne karena dapat menimbulakan acneiform eruptions (lesi kulit yang menyerupai acne).

Perawatan acne bertujuan untuk mengurangi keparahan, bekas luka (acne scar), dan meningkatkan percaya diri (psikologis). Area yang berjerawat harus dibersihkan secara rutin tetapi tidak boleh berlebihan. Penggunaan sabun antibakteri dan scrub terbukti tidak memberi manfaat. Pada dewasa muda dengan acne yang sulit diobati perlu membatasi konsumsi susu dan diet rendah glikemik. Phototherapy terbukti efektif untuk mengobati tipe acne yang meradang. Perawatan acne bersifat individual dan dibutuhkan kesabaran, maka dari itu alangkah baiknya apabila mengikuti rangkaian perawataqn yang disarankan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Sumber:

https://emedicine.medscape.com/article/1069804-overview#a1

https://www.msdmanuals.com/professional/dermatologic-disorders/acne-and-related-disorders/acne-vulgaris